Tahukah Anda Apa Itu Diabetes Retinopati?

Tahukah Anda Apa Itu Diabetes RetinopatiDiabetes retinopati merupakan kerusakan progresif pembuluh darah di retina yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi (hiperglikemia). Sebagai komplikasi umum dari diabetes mellitus, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan lainnya. Diabetes retinopati terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk retinopati non-proliferatif, diabetes makulopati dan retinopati proliferatif.

Diabetes retinopati bisa menyebabkan 2 macam perubahan pada retina, yaitu:

  • Retinopati proliferatif

Kerusakan pada retina merangsang pertumbuhan pembuluh darah yang baru. Pembuluh darah yang baru tumbuh secara abnormal, menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan ablasio retina (kadang-kadang). Pembuluh darah bisa tumbuh dan mengalami perdarahan ke dalam humor vitreus.

  • Retinopati non-proliferatif

Terjadi robekan dan kebocoran pada pembuluh darah kecil (kapiler) di dalam retina. Daerah di sekeliling robekan kapiler membengkak, menbentuk tonjolan kecil yang mengandung endapan protein darah.

Pada stadium awal penyakit ini tidak menyebabkan kebutaan. Perdarahan retina yang kecil bisa merubah bagian lapang pandang. Jika perdarahan terjadi di dekat makula, maka penglihatan menjadi kabur.

Gejala yang dirasakan oleh penderita diabetes retinopati:

  • Penurunan ketajaman penglihatan
  • Penderita melihat bintik-bintik yang melayang-layang.

Namun banyak juga penderita yang tidak menunjukkan gejala lain sebelum terjadi perdarahan utama pada mata. Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk menilai keadaan retina adalah pemeriksaan dengan oftalmoskop dan fotografi retina.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *