Peringkat Diabetes Di Indonesia

Peringkat Diabetes Di IndonesiaDiabetes mellitus merupakan penyakit yang sering di dengar oleh masyarakat termasuk di Indonesia. Walaupun sering, tapi masih yang mengabaikan penyakit ini.

“Hari ini, 9,1 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes,” ujar Profesor Nam Cho, Ketua International Diabetes Federation untuk kawasan Asia Pasifik (IDF-WPR), dalam pernyataan untuk disiarkan pada peringatan Hari Diabetes Dunia, saban 14 November.

Besaran angka tersebut, kata Nam dalam penjelasan sehari sebelumnya, menempatkan Indonesia dalam posisi ke 5 dunia. “Naik dua peringkat dari tahun lalu,” katanya dalam diskusi di Hotel JW Marriot, Kamis, 13 November 2014.

Hanya di dalam 1 tahun jumlah penderita diabetes di Indonesia melonjak hingga 500 ribu orang. Diperkirakan pada tahun 2035 nanti, ada sekiat 14,1 juta penduduk Indonesia yang menderita diabetes.

Lonjakan angka tersebut tentunya akan membebani anggaran kesehatan di Indonesia. Pakar kesehatan masyarakat, Profesor Hasbullah Tabrany, mengatakan pembiayaan akan habis untuk membayar penyakit-penyakit yang menyertai diabetes. “Yang paling banyak adalah gagal ginjal,” ujar dosen di Universitas Indonesia ini.

Mereka yang gagal ginjang setidaknya butuh Rp 25 juta setahun per orang. Kalau dihitung 5 persen saja dari total penderita diabetes gagal ginjal dan perlu cuci darah, setidaknya butuh Rp 15 triliun per tahun untuk membiayai mereka. Nilainya nyaris sepertiga anggaran untuk Kementerian Kesehatan yang tahun ini mendapat Rp 47,4 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *