Pengertian Diabetes – Diabetes Insipidus Adalah

Pengertian Diabetes - Diabetes Insipidus AdalahDiabetes Insipidus adalah suatu penyakit dengan simtoma poliuria dan polidipsia. Jenis diabetes ini yang paling sering dijumpai yaitu Diabetes Insipidus Sentral, yang disebabkan oleh defisiensi arginina pada hormon AVP. Jenis kedua yaitu Diabetes Insipidus Nefrogenis yang disebabkan oleh kurang pekanya ginjal terhadap hormon dengan sifat anti-diuretik seperti AVP.

Gejala-gejala yang dialami oleh penyakit Diabetes Insipidus yaitu:

  • Kelelahan yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan elektrolit
  • Produksi urin yang berlebihan
  • Rasa haus yang berlebihan

Diagnosis Diabetes Insipidus dilakukan dengan pemeriksaan lab, diantaranya:

  1. Urinalisis
  2. Level ADH plasma
  3. Kadar glukosa darah, untuk mengeleminasi kemungkinan diabetes mellitus
  4. Kadar elektrolit darah
  5. Output urin

Penyebab dari penyakit Diabetes Insipidus yaitu:

Terjadinya Diabetes Insipidus dikarenakan gangguan pada hormon antidiuretik (antidiuretic hormone atau ADH) yang mengatur jumlah cairan dalam tubuh. Hormon ini dihasilkan hipotalamus, yaitu jaringan khusus di otak. Hormon ini disimpan oleh kelenjar pituitari setelah dihasilkan oleh hipotalamus.

Kelenjar pituitari akan mengeluarkan hormon antidiuretik ini saat kadar air di dalam tubuh terlalu rendah. ‘Antidiuretik’ berarti bersifat berlawanan dengan ‘diuresis’. ‘Diuresis’ sendiri berarti produksi urin. Hormon antidiuretik ini membantu mempertahankan air di dalam tubuh dengan mengurangi jumlah cairan yang terbuang melalui ginjal dalam bentuk urin.

Yang menyebabkan terjadinya Diabetes Insipidus itu sendiri adalah produksi hormon antidiuretik yang berkurang atau ketika ginjal tidak lagi merespons seperti biasa terhadap hormon antidiuretik. Akibatnya, ginjal mengeluarkan terlalu banyak cairan dan tidak bisa menghasilkan urin yang pekat. Orang yang mengalami kondisi ini akan selalu merasa haus dan minum lebih banyak karena berusaha mengimbangi banyaknya cairan yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *