Diabetes Wikipedia – Pengertian Diabetes

Diabetes Wikipedia - Pengertian DiabetesDiabetes Melitus atau juga yang sering dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketiakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (insulin resistence), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein sebagai akibat dari:

  • Sekresi hormon insulin, aktivitas insulin atau keduanya.
  • Transporter glukosa.
  • Atau bisa juga keduanya.

Glukosa sendiri bukan gula biasa yang umum tersedia di toko atau pasar. Namun glukosa yang dimaksud adalah karbohidrat alamiah yang digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Kadar glukosa pada darah akan dikendalikan oleh beberapa hormon. Hormon yaitu zat kimia di dalam badan yang mengirimkan tanda pada sel-sel ke sel-sel lainnya. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas.

Ketika anda makan, pankreas akan membuat insulin untuk mengirimkan pesam pada sel-sel lainnya dalam tubuh. Insulin ini memerintahkan sel-sel untuk mengambil glukosa dari darah. Glukosa digunakan oleh sel-sel untuk pembuatan energi. Glukosa yang berlebih disimpan dalam sel-sel sebagai glikogen. Pada saat kadar gula darah mencapai tingkat rendah tertentu, sel-sel memecah glikogen menjadi glukosa untuk menciptakan energi.

Berbagai penyakit, sindrom dan simtoma dapat terpicu oleh diabetes melitus, antara lain: Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *