Diabetes Glaukoma – Dampak Diabetes Bagi Mata (Glaukoma)

Diabetes Glaukoma - Dampak Diabetes Bagi Mata (Glaukoma)Penyakit diabetes dapat mempengaruhi banyak organ penting, termasuk mata. Jika anda didiagnosis dengan diabetes tipe II, maka pemeriksaan mata biasa yang diperlukan untuk mencegah diabetes mempengaruhi kesehatan mata.

Biasanya penyakit mata yang diakibatkan oleh diabetes yaitu disebut dengan glaukoma. Glaukoma sendiri merupakan salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata yang akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata akan mati.

Cara mengatasi galukoma akibat diabetes:

Hal pertama dan penting untuk pengobatan adalah mengontrol kadar gula darah sehingga tetap berada dalam rentang nilai normal. Dengan demikian, keparahan penyakit dapat dihindari. Selain kami anjurkan pasien untuk terus menjaga diet makanan, kami sarankan pasien untuk mengkonsumsi kapsul herbal untuk mengatasi penyakit diabetesnya.

Mencegah glaucoma akibat diabetes:

  • Memeriksakan mata secara teratur setiap tahun. Manfaatnya adalah mengetahui perkembangan retinopati diabetik. Dengan demikian dapat dilakukan antisipasi agar penyakit ini tidak semakin parah. Pada tahap dini, retinopati diabetik relatif lebih mudah dikendalikan.
  • Mengecek kadar gula darah secara rutin untuk mengontrol kadar gula.
  • Menerapkan gaya hidup sehat yaitu dengan makan makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes, berolahraga teratur, tidak merokok, hindari stress, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *