Diabetes Ginjal – Hubungan Antara Diabetes dan Gagal Ginjal

Diabetes Ginjal - Hubungan Antara Diabetes dan Gagal GinjalPada dasarnya tugas utama ginjal yaitu untuk menghilangkan limbah dari darah dan mengembalikan darah yang telah dibersihkan kembali ke tubuh. Gagal ginjal berarti tidak lagi mampu untuk membuang sampah dan mempertahakan tingkat cairan dan garam yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu penyebab dari penyakit gagal ginjal itu adalah diabetes melitus, merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kadar glukosa darah tinggi (gula). Seiring waktu, tingginya tingkat gula dalam darah akan merusak jutaan unit penyaringan kecial dalam setiao ginjal. Hal ini lah yang akhirnya akan mengarah pada gagal ginjal.

Sekitar 20% hingga 30% orang dengan diabetes mengalami penyakit ginjal ((nefropati diabetik), meskipun tidak semua ini akan berkembang menjadi gagal ginjal. Seseorang dengan diabetes rentan terhadap nefropati apakah mereka menggunakan insulin atau tidak? Resiko ini terkait dengan lamanya waktu seseorang mengalami penyakit diabetes.

Tidak ada obat untuk nefropati diabetik dan pengobatan berlangsung seumur hidup. Nama lain untuk kondisi ini yaitu glomerulosklerosis diabetik. Seseorang dengan diabetes juga beresiko terkena masalah ginjal lainnya, termasuk penyempitan pembuluh darah ke ginjal, yang disebut dengan stenosis arteri ginjal atau penyakit renovaskular.

Gejala gagal ginjal yang diakibatkan oleh diabetes:

  • Muntah
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Retensi cairan (edema kaki atau wajah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *