Diabetes Efek Sampingnya Bagaimana?

Diabetes Efek Sampingnya BagaimanaSebagian besar penderita penyakit diabetes tidak sadar akan bahaya yang akan muncul akibat diabetes itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya anda mengetahui tentang hal itu. Berikut ini efek samping dari penyakit diabetes:

  1. Kulit dan tulang

Orang yang menderita diabetes akan mudah untuk menderita kondisi kulit seperti infeksi jamu dan bakteri, bersama dengan masalah tulang seperti osteoporosis.

  1. Jantung

Diabetes secara signifikan dapat meningkatkan resiko penyakit arteri koroner, penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular dalam jangka panjang. Kondisi ini dapat menyebabkan pengendapan bahan lemak dalam dinding pembuluh darah sehingga akan mengganggu sirkulasi darah melalui pembuluh darah yang menyebabkan hipertensi, aterosklerosis, penyakit pembuluh darah otak, penyakit arteri koroner, serangan jantung dan stroke.

  1. Syaraf

Neuropati atau kerusakan syaraf merupakan salah satu komplikasi paling umum dan terkait dengan diabetes. Kerusakan syaraf yang berhubungan dengan diabetes deisebut dengan neuropati diabetes. Kelebihan gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil memasok darah ke syaraf.

  1. Mata

Pembuluh darah dalam retina dapat mengalami kerusakan jika tingkat gula darah tetap tinggi secara konsisten untuk jangka waktu yang panjang. Kapiler kecil di retina dapat melemah dan membengkak sedeikian rupa.

  1. Ginjal

Diabetes yang tidak diobati dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan menyebabkan nefropati diabetes. Pada nefropati, pembuluh darah kecil pada ginjal akan mengalami kerusakan. Kadar gula darah yang tinggi akan memuat ginjal menyaring lebih banyak darah dan beban kerja tambahan ini pada akhirnya dapat menguras kemampuan ginjal untuk menyaring darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *