Diabetes Cabut Gigi – Cara Mencabut Gigi Untuk Penerita Diabetes

Diabetes Cabut Gigi - Cara Mencabut Gigi Untuk Penerita DiabetesCabut gigi sering dipertimbangkan sebagai solusi praktis untuk mengatasi masalah gigi, seperti gigi berlubang. Namun, pada sebagian orang terutama pasien penderita diabetes, cabut gigi memiliki resiko sehingga tidak boleh sembarangan untuk mencabutnya. Oleh karena itu, pasien diabetes diwanti-wanti untuk menjaga kesehatan giginya.

Lalu bisakah jika pasien diabetes mencabut giginya? Bagaimana cara atau persiapannya yang harus dilakukan oleh pasien?

  1. Ketika menyampaikan keluhan ke dokter gigi, sampaikanlah juga bahwa anda menderita diabetes agar dokter gigi tahu anda memiliki riwayat penyakit tersebut.
  2. Sebaiknya anda melakukan pencabutan gigi di rumah sakit yang besar yang ada dokter penyakit dalam, sehingga dokter gigi bisa dengan leluasa untuk melakukan konsul terhadap keadaan umum anda, apakah bisa atau tidak dilakukan pencabutan.
  3. Usahakan untuk cek gula darah, baik gula darah sewaktu maupun puasa untuk referensi penting dokter.
  4. Sebelum pencabutan lakukan diet diabetes agar kondisi gula anda normal saat dilakukan pencabutan, setidaknya turun agar penyembuhan bisa lebih cepat.

Dengan melakukan persiapan seperti di atas, setidaknya dapat mengurangi resiko bahaya pencabutan bagi penderita diabetes, kuncinya yaitu pencabutan pasien diabetes memang harus di bawah pengawasan dokter spesialis penyakit dalam dan dilakukan oleh dokter gigi yang juga sudah kompeten agar tidak terjadi masalah berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *