Diabetes Bayi Baru Lahir – Waspada Penyakit Diabetes Pada Bayi Yang Baru Lahir!!

Diabetes Bayi Baru Lahir - Waspada Penyakit Diabetes Pada Bayi Yang Baru Lahir!!Diabetes Melitus atau DM pada bayi baru lahir merupakan kelainan yang langka, bahkan hanya terjadi 1 diantara 400.000 kelahiran di dunia. Meskipun demikian resiko pada bati yang baru lahir lebih dari bobot normal (lebih dari 4 kg) akan meningkat dua kali lipat. Skrining diabetes pada bayi baru lahir memang tidak diharuskan terkecuali apabila bayi yang baru lahir memiliki kemungkinan besar mengalami diabetes salah satunya ditandai dengan berat badan yang terlalu besar pada hari pertama kelahirannya.

Bagi calon ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan diabetes, maka sebelum menjalani kehamilan harus terlebih dahulu memiliki pemeriksaan. Meskipun pada dasarnya bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki riwayat garis keturunan memiliki diabetes tidak selalu mewarisi penyakit diabtes seperti ibunya atau menjadi pembawa keturunan diabetes.

Waspadai juga bayi baru lahir terkena diabetes kelebihan berat badan seperti yang telah dijelaskan di atas, atau akiat dari pemberian susu formula. Mengapa? Karena sel-sel lemak yang terkandung dalam ASI lebih mudah diserap tubuh dan menyesuaikan diri dalam tubuh sang bayi dibandingkan susu formula.

Tidak ada penyebab pasti dari penyakit diabetes pada bayi. Namun, diabetes dicurigai terjadi akibat adanya kelainan atau mutasi gen lantaran pengaruh faktor lingkungan, seperti infeksi virus, terkena paparan obat ataupun zat-zat kimiawi, baik sewaktu masih dalam kandungan maupun semasa neonatus dimana kondisi janin ataupun bayi masih amat rentan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *