Diabetes Bawang Merah – Khasiat Ampuh Bawang Merah Yang Dapat Menurunkan Gula Darah Pada Diabetes

Diabetes Bawang Merah - Khasiat Ampuh Bawang Merah Yang Dapat Menurunkan Gula Darah Pada DiabetesBawang merah merupakan sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di Asia Tenggara dan dunia. Namun, tahukah anda selain aromanya yang wangi, bawang merah juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk kesehatan pada tubuh anda terutama untuk penyakit diabetes.

Berikut ini khasiat dari bawang merah:

Para peneliti India pernah melakukan penelitian terhadap bawang merah, baik berupa bawang merah yang telah dijus maupun bawang merah yang masih utuh, seberat 25-200 gram pada subjek yang ditelitinya. Hasilnya, semakin banyak bawang merah yang diberikan maka semakin besar pula gula darah yang berkurang dalam tubuh. Tidak ada perbedaan perbedaan khasiat antara bawang merah mentah dengan bawang merah yang sudah direbus.

Menurut banyak peneliti, bawang merah memiliki kemampuan dalam memengaruhi metabolisme gula dalam hati, atau metabolisme pelepasan insulin. Sudah puluhan tahub lalu, tepatnya pada tahun 1923 para ahli mendeteksi adanya depressor gula darah dalam bawang merah ini.

Dan selanjutnya pada tahun 1960-an para peneliti kemudian mengisolasi senyawa anti-diabetes yang kemudian disebut dengan tolbutamide yang terkandung dalam bawang merah yang memiliki kinerja mirip dengan obat farmasi anti-diabetes yang umum.

Cara kerja tolbutamide sendiri ialah dengan melakukan rangsangan sintetis dan pengeluaran insulin. Pada penelitian yang menggunakan hewan kelinci ditemukan bahwa ekstrak bawang merah, 77 persen sama efektifnya dengan dosis standar tolbutamide.

Dalam penelitian lainnya ditemukan bahwa bawang merah memiliki efek untuk menurunkan kadar gula dan lemak di dalam darah. Maka dari itu, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menambahkan banyak bawang merah kepada setiap masakan mengingat khasiatnya yang cukup besar terutama bagi para penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *