Data Penderita Diabetes Di Indonesia

Data Penderita Diabetes Di IndonesiaDiabetes Melitus merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak menyerang masyarakat di Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan sekitar 6,9% penduduk Indonesia menderita penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah ini.

Dosen penyakit dalam sub bagian endokrin Fakultas Kedokteran (FK) UGM, dr. Bowo Pramono mengatakan saat ini Indonesia berada pada peringkat empat besar dunia dengan jumlah diabetasi terbanyak setelah India, Cina, dan Amerika Serikat. Angka kejadian diabetes ini menunjukkan kecenderungan meningkat dari tahun ketahun, terutama DM tipe 2.

Dari tahun 2013 hingga 2014 angka penderita DM semakin naik hingga menvapau 9,1 juta orang. Tahun 2035 diprediksi jumlah pederita DM melonjak hingga ke angka 14,1 juta orang dengan tingkat prevalensi 6,67% untuk populasi orang dewasa.

Tidak hanya itu, umur penderita diabetes pun kini semakin menurun atau semakin muda. Satu dari lima penderita diabetes masih berumur dibawah 40 tahun, yakni diantara 20 hingga 39 tahun sebanyak 1.671.000 orang. Sedangkan usia 40 hingga 59 tahun sebanyak 4.651.000 orang. Sisanya berusia 60 hingga 79 tahun.

Mak dari itu, bagi anda penderita DM harus lebih disiplin lagi terhadap pengobatannya. Dan itu harus dimulai dengan edukasi yang baik sehingga baik penderita maupun keluarga bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *