Bahayakah Diabetes Dalam Kehamilan?

Bahayakah Diabetes Dalam KehamilanDiabetes Gestational merupakan suatu bentuk diabetes yang terjadi untuk pertama kalinya pada ibu hamil. Jenis diabetes ini disebabkan oleh perubahan dalam cara tubuh ibu tersebut merespon hormone insulin selama masa kehamilannya berlangsung. Hasil perubahan kadar gula darah, juga dikenal sebagai glukosa darah. Diabetes tersebut akan mempengaruhi sekitar 18% ibu selama masa kehamilannya.

Lalu bagaimana caranya bisa tahu bahwa ibu hamil tersebut memiliki diabetes gestational?

  • Terjadinya infeksi vagina berupa keputihan karena jamur yang berulang
  • Infeksi saluran kemih
  • Cairan ketuban yang berlebih (hidramnion)
  • Persalinan yang prematur
  • Pre-eklampsia

Namun, apakah bahaya diabetes dalam kehamilan itu?

Tentu bahaya, maka dari itu jika gejala tersebut terjadi pada tahap kehamilan anda, maka disarankan bahwa anda harus meminta bantuan kepada dokter kandungan anda. Karena, jika anda mengabaikan diabetes dalam masa kehamilan anda maka akan mempersulit kehamilan anda dan mungkin dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan bayi dalam rahim anda. Serangkaian tes darah harus dilakukan pada anda untuk memastikan kesehatan anda dan untuk menghindari gejala-gejala disbetes kehamilan pada diri anda.

Gejala-gejala penyakit diabetes ini biasanya hilang dan berhenti tepat setelah pengiriman bayi anda, tetapi sekali anda mengalami diabetes kehamilan ada sekitar 75% bahwa penyakit ini akan muncul kembali pada kehamilan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *