Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kentang Dibadingkan Dengan Nasi?

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kentang Dibadingkan Dengan NasiBanyak orang yang mengira bahwa dengan mengkonsumsi nasi dapat menyebabkan kegemukan, perlu untuk anda ketahui 1 mangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori ini setara dengan 4 kentang rebus. Kedua makanan ini tidak semerta merta akan membuat orang menjadi gemuk, namun cara penyajian yang akan sangat menentukan dalam bertambahnya kalori didalam tubuh anda.

Namun, coba anda bayangkan jika kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng, dengan menggoreng kentang maka akan meningkatkan kalorinya hingga 230 kalori, terlebih lagi jika anda menambahkan mentega krim atau mayones sehingga akan meningkatan jumlah klorinya. Demikian juga dengan nasi, nasi goreng atau nasi yang diberi santan akan meningkatkan kalorinya, sebagai contoh nasi goreng dan nasi uduk. Jika setiap hari anda mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang besar dan tidak melakukan aktifitas fisik maka kalori berlebih akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak.

Lalu apakah benar kentag lebih baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes dibandingkan nasi?

Sesuatu hal yang dinamakan indeks glemik merupakan suatu kemampuan dalam meningkakan kadar gula dalam darah. Kandungan indeks glemik rendah akan dapat menjadi ciri baha makanan tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kentang merupakan sumber makanan yang mengandung 70 indeks glemik sedangkan nasi putih 86. Bagi orang yang menderita diabetes dianjurkan untuk mendapatkan asupan karbohidrat yang kaya akan serat serta memiliki indeks glemik rendah, salah satu contohnya selain beras merah yaitu kentang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *