Apakah Benar Diabetes Akibat Keturunan?

Apakah Benar Diabetes Akibat KeturunanDiabetes atau lebih tepatnya diabetes melitus (DM), merupakan suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, sebab tidak dapat digunakan oleh tubuh. Pada orang normal, karbohidrat (berbagai jenis tepung dan gula) yang makan akan diubah menjadi glukosa di dalam saluran pencernaan.

Glukosa tersebut kemudian dibawa oleh darah ke seluruh tubuh dan masuk ke dalam sel untuk dimanfaatkan antara lain sebagai bahan baku energi. Masuknya glukosa ke dalam sel berlangsung dengan bantuka insulin, yaitu sejenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Insulin sendiri berperan layaknya kunci yang membuka jalan masuk glukosa ke dalam sel.

Lalu apakah benar diabetes itu akibat dari keturunan?

Patut diketahui memang faktor gentik atau keturunan memiliki peranan yang besar terhadap keterjangkitan penyakit diabetes pada seseorang.

Orang sering menyebutnya dengan penyakit diabetes keturunan karena adanya hubungan genetik sebagai faktor penyebab diabetes. Meskipun diketahui bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan, namun mekanisme kerjanya sendiri cenderung rumit dan sulit untuk diketahui oleh kalangan ahli sekalipun.

Namun sebetulnya, hal lainnya yang tidak kalah penting ialah faktor lingkungan yang turut andil dalam keterjangkitan diabetes tersebut. Banyak sekali faktor lingkungan yang dimaksud mulai dari obesitas atau kegemukan, pola makan yang tidak sehat, kurangnya berolahraga, banyak mengonsumsi kalori, lemak dan minim mengonsumsi makanan berserat seperti buah, sayuran dan terlalu banyak duduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *